FIFA Bayar Penuh Gaji Seamus Coleman Selama Cedera

By Admin


nusakini.com - FIFA akan menanggun sepenuhnya gaji Seamus Coleman selama sang penggawa Everton tersebut menjalami pemulihan cedera patah kaki.

Coleman mengalami cedera mengerikan tersebut ketika tampil bersama Republik Irlandia yang bermain imbang tanpa gol lawan Wales dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 pekan kemarin hingga memaksanya absen hingga nyaris setahun penuh.

Bek kanan berusia 28 tahun tersebut telah sukses melewati proses operasi kakinya di Dublin, Sabtu (25/3) kemarin dan akan menjalani proses pemulihan berdurasi panjang.

Melalui program proteksi klub yang dimiliki FIFA, itu berarti setiap tim berhak mengklaim hingga £112,731 per pekan dari gaji para pemain apabila ada penggawa mereka yang mengalami cedera saat tampil di laga internasional. Jumlah itu lebih dari cukup untuk menutupi gaji Coleman di Everton sebesar £45,000 per pekan.

Skema tersebut diperkenalkan FIFA pada 2012 lalu setelah mendapat tekanan beruntun dari klub-klub yang menginginkan adanya jaminan bagi para pemain mereka yang mengikuti tugas membela negara masing-masing.

Biaya yang setara dengan kelebihan nominal gaji dalam empat pekan setidaknya memberikan ganti kerugian bagi klub yang bakal kehilangan pemain selama satu kalender tahunan, yang bisa mencapai £100 juta. (fft/om)